Hacker Cilik Acak-acak iPhone dengan Trojan

By Sang Pemenang on 14.29

Filed Under: ,

Trojan horse yang menyamar sebagai paket upgrade firmware yang menghilangkan beberapa file penting iPhone rupanya hasil kreasi seorang hacker cilik. Bocah berusia 11 tahun itu berhasil membuat trojan untuk iPhone, sebuah file jahat yang menyamar sebagai update firmware untuk iPhone.

Pengguna iPhone berpotensi terinfeksi trojan yang menyamar sebagai sebuah tool untuk meng-upgrade iPhone. Perusahaan keamanan Symantec mengidentifikasi trojan itu sebagai "iPhone firmware 1.1.3 prep".

Dalam blognya, peneliti keamanan Symantec Orla Cox mengatakan bahwa saat diinstal, program tersebut tidak berefek banyak pada iPhone. Kerusakan yang ditimbulkan bukan pada saat trojan itu terinstal, tapi ketika user mencoba me-remove malware tersebut. Trojan tersebut akan menghapus sejumlah file resmi yang ada di iPhone.

Berkaitan dengan hal tersebut, administrator situs independen publikasi iPhone, Modmyifone, mengklaim sudah mengumumkan peringatan terkait ancaman trojan tersebut dan melacak pembuatnya. Mereka bahkan telah menghubungi orangtua sang bocah dan menutup situs yang meng-hosting trojan tersebut.

Di lain sisi, Apple menyatakan tidak akan bertanggung jawab terhadap kerusakan yang ditimbulkan program pihak ketiga itu. Apple juga mengaku tidak akan mengambil langkah khusus apapun terhadap iPhone yang terinfeksi, karena memang program tersebut bukan dirilis oleh Apple.

Sementara itu perusahaan keamanan mewanti-wanti agar pengguna iPhone berhati-hati saat menginstal program dari pihak ketiga di ponsel. "Saat ini ada anak 11 tahun 'bermain-main' dengan file XML dengan membuat trojan. Ke depannya bisa saja ada seseorang yang memiliki skill lebih dan target tertentu," tandas chief research officer F-Secure, Mikko Hypponen.

McAfee merekomendasikan agar pengguna iPhone hanya menginstal update firmware resmi saja dan hanya men-download file dari situs terpercaya saja.

Sumber: www.detikinet.com

0 komentar for this post