Apa bedanya AntiVirus sama AntiSpyware ?

By Sang Pemenang on 21.31

Filed Under:

Sekarang saya ingin membahas tentang bedanya antara ANTIVIRUS & ANTISPYWARE. Banyak orang yang mengira bahwa Spyware dan Virus itu sama tetapi sebenarnya itu berbeda. Mungkin ini terjadi karena kesalahan istilah.. . Virus dan spyware adalah dua hal yang berbeda. Memang keduanya sama-sama termasuk Malware, yakni peranti lunak yang dibuat untuk kepentingan yang “enggak-enggak”. Tetapi dalam definisi keduanya berbeda. Yaudah mari saya jelaskan. . .. .
Virus dibuat untuk merusak sistem tetapi bukan perangkat keras yah. Virus bisa memperbanyak diri, kemudian secara jor-joran menggunakan memori sehingga komputer jadi hang.
Spyware tidak dibuat untuk merusak sistem. Spyware dibuat untuk memata-matai pengguna komputer. Seorang pengguna komputer bisa kecolongan nomor kartu kredit dan password akibat spyware. Informasi itu akan dikirim ke pemilik spyware dan pemilik spyware akan menggunakan informasi itu untuk kepentingan dirinya sendiri.
Sayangnya , istilah “virus” dipakai untuk semua malware. Jadi orang banyak beranggap kalau ia menginstal antivirus, ia bakal aman dari semua malware. Makanya, ketika spyware yang menyerang, mereka menganggap antivirusnya kurang hebat.
Beberapa pembuat antivirus akhirnya agak mengikuti kesalahan penggunaan istilah itu. Selain untuk membasmi virus, kebanyakan antivirus bisa digunakan untuk membasmi Trojan dan worm. Istilah “virus” berlaku untuk Trojan,worm,dan virus. Nah kalau antispyware dibuat khusus untuk membasmi spyware, tidak untuk malware yang lain.
Cara kerja keduanya memang mirip. Antivirus maupun antispyware sama-sama mencari pola. Antivirus mencari pola yang digunakan oleh Trojan,worm dan virus, sedangkan antispyware mencari pola yang digunakan spyware. Virus dan spyware punya “gerakan” tertentu saat melakukan serangan. Kalau ada program yang “ bergerak” layak virus atau malware, program itu akan dituduh, bahkan dihentikan kerjanya.
Supaya lebih kuat,antivirus biasanya juga dilengkapi dengan dpyware, begitu juga sebaliknya. Tapi banyak ahli di bidang malware bilang sebaiknya instal program yang lebih spesifik. Dengan kata lain , Instal antivirus, instal juga antispyware.

0 komentar for this post